10 Tips Agar Blackberry Tidak Lemot dan Muncul Jam Pasir

Salah satu masalah yang sering muncul saat menggunakan perangkat Blackberry adalah munculnya jam pasir atau lemot. Selain karena memori Blackberry yang kecil, penyebab muncul jam pasir di Blackberry adalah karena banyaknya aplikasi yang diinstal.

Untuk menghindari jam pasir dan membuat Blackberry jadi ngebut, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Berikut beberapa diantaranya:

1. Cek sisa kapasitas memori yang tersedia

Anda perlu menjaga agar sisa memori internal yang tersedia tidak kurang dari 15 MB. Semakin besar sisa memori, maka Blackberry akan berjalan lebih cepat.

2. Hapus email yang tidak penting

Hapus email yang sudah anda baca dan sekiranya tidak penting. Untuk prioritas penghapusan email bisa anda lakukan sesuai kebutuhan.

3. Bersihkan BBM (BlackBerry Messenger)

Seringkali aplikasi Blackberry Messenger atau BBM ini menjadi biang kerok penyebab Blackberry lemot dan keluar jam pasir. Pasalnya, aplikasi BBM ini merupakan aplikasi andalan yang menjadi daya tarik dari Blackberry.

Untuk fasilitas chatting dari Blackberry ini, anda perlu mematikan private chat yang sudah tidak digunakan serta menghapus group BBM yang mungkin sudah tidak diperlukan lagi.

4. Lakukan memory cleaning

Memory cleaning atau membersihkan memori perlu di lakukan setiap saat untuk menghapus file-file yang tidak atau kurang perlu untuk di gunakan dalam menjalankan aplikasi atau proses pada BlackBerry itu sendiri. Memory cleaning bisa dilakukan dengan cara

Masuk ke >> ‘Options’ >> Pilih ‘Security Options’ >> Pilih ‘Advanced Security Options’ >> Pilih ‘Enabled’

5. Bersihkan cache browser

Setiap browser mempunyai fitur untuk menyimpan cache. Tujuan dari cache di di browser adalah agar pengguna bisa membuka halaman web yang pernah dikunjungi dengan lebih cepat. Sayangnya, fitur ini juga memakan banyak memori. Karena itu perlu dilakukan pembersihan cache dari masing-masing browser yang anda gunakan.

6. Lakukan Clear Log

Log atau catatan aktivitas selama menggunakan Blackberry juga perlu dihapus untuk membantu mempercepat kinerja Blackberry itu sendiri.

7. Lakukan SoftReset untuk refresh sisa memori aplikasi

Anda bisa menekan aA + del sampai BB anda reboot sendiri, atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi third party, seperti QuickPull atau Soft Reset.

8. Cabut atau lepas baterai BlackBerry

Lepas baterai Blackberry minimal 1 minggu sekali dan diamkan selama 1-2 menit, untuk membuang dan menghapus sisa-sisa file yang tidak terpakai akibat pemakaian aplikasi, seperti chatting, browsing, dan lainnya.

9. Hapus aplikasi yang tidak perlu

Setiap aplikasi yang terinstall akan mengurangi memori Blackberry. Karena itu, untuk meluangkan sisa memori anda bisa menghapus beberapa aplikasi yang sudah tidak diperlukan atau memang jarang digunakan.

10. Maksimalkan memory eksternal

Untuk file foto, lagu, video dan lainnya sebaiknya disimpan ke dalam memori eksternal atau media card. Anda bisa mengaturnya dengan cara

Masuk menu BlackBerry >> Options >> Memory >> Ganti status media Card Support menjadi ON.

Itulah tips cara membuat Blackberry agar tidak lemot. Dengan menerapkan tips dan trik di atas, maka jam pasir tidak akan lagi muncul di blackberry anda.